Evolusi Kecerdasan Bisnis (Business Intelligence) Dari Masa Ke Masa

evolusi dan perkembangan kecerdasan bisnis

Sistem kecerdasan bisnis mengalami evolusi dari masa ke masa. Berikut ini beberapa penjelasan bagaimana kecerdasan bisnis berkembang:

1. Era 1980-an: Printed Green Bar Reports

Selama tahun 1970-an dan awal 1980-an, konsep Sistem Pendukung Keputusan (DSS) berevolusi dari dua jenis sebelumnya dukungan komputer untuk pengambilan keputusan. 

Salah satunya adalah Sistem Informasi Manajemen (SIM), yang menyediakan:
  • Laporan terjadwal untuk kebutuhan informasi yang terdefinisi dengan baik
  • Laporan Permintaan untuk permintaan informasi ad hoc
  • Kemampuan query database untuk data tertentu

Sistem kedua adalah Riset Operasi / Ilmu Manajemen, yang menggunakan model matematika untuk menganalisis dan memahami masalah-masalah tertentu. 

Definisi sebenarnya dari DSS, yang telah berkembang sejak tahun 1970-an dan masih berlaku saat ini, diberikan oleh Ralph dan Eric Carlson pada bukunya "Sistem Pendukung Keputusan Efektif Bangunan".

Komputer berbasis Sistem yang membantu pengambil keputusan menghadapi masalah sakit-terstruktur melalui interaksi langsung dengan data dan model analisis. 

Pada tahun 1980-an, tugas utama sistem kecerdasan bisnis adalah untuk mencetak laporan bar hijau dari printer dot matrix.

2. Era 1990-an: The OLAP/OLTP Breakthrough

Pada tahun 1990, kecerdasan bisnis dialihkan ke OLAP (Online Analytical Processing) dan ROLAP (Relational Online Analytical Processing). Dalam sistem OLAP/ROLAP, diperkenalkan konsep gudang data dan konsep kubus.

3. Awal Tahun 2000-an: The Rise of The Web

Pada awal tahun 2000, sistem kecerdasan bisnis berbasis Web mulai diperkenalkan untuk pertama kalinya. 

Pengguna akhirnya bisa memiliki akses konsumsi informasi secara real-time informasi. Pengguna bisa menjalankan laporan melalui aplikasi berbasis Web dan membuat diagram serta grafik untuk memberikan tampilan grafis dari laporan. 

Selain itu, pengguna telah mampu menggabungkan data dan meringkas laporan yang kompleks menjadi halaman yang lebih sedikit. 

Ini adalah era ketika analisis berbasis prediksi nyata dimulai. 

4. Awal Tahun 2010: Portable and Swift

Akhirnya, pada 2010 ini muncul tren dalam bidang kecerdasan bisnis secara portabel dan cepat, yang juga disebut intelijen bisnis mobile. 

Sistem ini pada dasarnya adalah mengambil semua sistem kecerdasan bisnis yang telah dibuat di masa lalu dan mengintegrasikannya ke dalam perangat mobile untuk di konsumsi dan juga memungkinkan penemuan data visual untuk pengguna bisnis secara mobile.