Kecerdasan Bisnis (Business Intelligence) dan Perkembangannya

kecerdasan bisnis

Kecerdasan bisnis merupakan upaya perencanaan dan manajemen strategis yang menerapkan teknik dan alat untuk transformasi data mentah menjadi informasi yang cukup untuk digunakan dalam analisis bisnis dan proses pengambilan keputusan.

Kecerdasan bisnis menggunakan teknologi yang didesain untuk mampu berpikir dan menggunakan formula yang dapat diterapkan pada data tidak terstruktur untuk memberikan informasi yang cukup tentang suatu masalah yang menjadi perhatian, seperti tren bisnis. 

Penggunaan beberapa perangkat lunak yang berbeda sangat penting dalam proses data. 

Kecerdasan bisnis mendukung sebagian besar kegiatan yang ada di tingkat pengambilan keputusan dari operasional ke sektor-sektor strategis.

Kecerdasan bisnis telah mengalami Evolusi Kecerdasan Bisnis dari masa ke masa, mulai dari teknologi dan bagaimana proses yang ada didalamnya.

Pada awalnya, kebanyakan kecerdasan bisnis dan tugas pergudangan ditangani oleh departemen teknologi informasi dengan fokus selalu pada bagaimana cara melakukan otomatisasi penerimaan dari sebuah informasi yang memiliki arti kepada pengguna. 

Pengembang menggunakan pendekatan lama dan menulis kueri dan program yang panjang untuk mengotomatisasi tugas-tugas pelaporan data. 

Namun, program yang mereka buat tidak cukup pintar untuk membantu proses bisnis menjadi lebih cerdas dalam pengambilan keputusan. 

Ada beberapa software proprietary seperti Database Access untuk pelaporan dan Crystal Reports untuk penjadwalan tugas pelaporan, namun karena kurangnya fitur user-friendly membuat alat ini tidak bisa menjadi pilihan dalam dunia industri.

Pada era mainframe, penggunaan secara komersial pertama dari sebuah komputer yang ditujukan untuk mengotomatisasi proses pengambilan keputusan seperti menganalisa penjualan, memperbarui hutang, menghitung gaji, dan merekam tagihan kartu kredit dan pembayaran. 

Sejak awal tahun 1950-an dan 1960-an, penggunaan komputer untuk mendukung pengambilan keputusan menjadi semakin canggih dan hampir benar-benar mengambil alih tugas untuk pengambilan keputusan yang kompleks.

Abad ke-20 dan ke-21 dikenal sebagai era teknologi informasi, di mana semuanya tergantung pada ketersediaan informasi dan penemuan teknologi modern. 

Dalam bidang bisnis, penemuan teknologi seperti World Wide Web dan Internet telah disajikan dengan platform yang luas dan terbuka untuk bisnis yang dikelola di seluruh dunia. 

Sejak meningkatnya setiap strategi bisnis yang sukses menuntut informasi dan pengetahuan yang cukup tentang status pasar, penemuan teknologi baru dan teori-teori seperti kecerdasan bisnis membuat jelas dan sederhana untuk mencapai dan mengelola semua jenis informasi. 

Sebelum munculnya era teknologi informasi, sangat sulit untuk mengakses informasi dengan tidak adanya metode komputasi, sehingga keputusan bisnis didasarkan pada intuisi. 

Tapi di dunia global modern saat ini, penerapan teknologi kecerdasan bisnis menjadi populer hari demi hari pada hampir semua jenis usaha. 

Karena setiap prganisasi / usaha kecil maupun besar membutuhkan informasi untuk mempromosikan bisnis mereka dengan peramalan tren masa depan. 

Kecerdasan bisnis merupakan istilah yang luas yang terkait dengan teknologi modern yang berbeda yang berhubungan dengan tren pasar yang terus berubah, perilaku pelanggan, permintaan dan penawaran rantai, dan beberapa aspek lain dari bisnis untuk meningkatkan kinerja perusahaan.