Wireless Personal Area Network (WPAN): Pengertian dan Contoh Penggunaan

wpan adalah

Wireless Personal Area Network (WPAN) adalah jaringan wireless dengan jangkauan area yang kecil. Contohnya Bluetooth, Infrared, dan ZigBee.

Teknologi WPAN membolehkan pengguna untuk membangun suatu jaringan nirkabel (ad hoc) bagi peranti sederhana, seperti PDA, telepon seluler atau laptop. Ini bisa digunakan dalam ruang operasi personal (personal operating space atau POS).

Sebuah POS adalah suatu ruang yang ada disekitar orang, dan bisa mencapai jarak sekitar 10 meter. Saat ini, dua teknologi kunci dari WPAN ini adalah Bluetooth dan cahaya infra merah.

Cara alternatif lainnya, untuk menghubungkan peranti dalam jarak sangat dekat (1 meter atau kurang), maka user bisa menggunakan cahaya infra merah.

Keluarga WPAN 802.15

Untuk menstandarisasi pembangunan dari teknologi WPAN, IEEE telah membangun kelompok kerja 802.15 bagi WPAN. Kelompok kerja ini membuat standar WPAN, yang berbasis pada spesifikasi Bluetooth versi 1.0.

Pada umumnya Wirelss Personal Area Network (WPAN) memiliki jarak komunikasi maksimal 10m saja, lebih pendek dibandingkan Wireless Local Area Network (WLAN).

Bluetooth

Bluetooth merupakan teknologi pengganti kabel yang menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan data sampai dengan jarak sekitar 30 feet.

Data Bluetooth dapat ditransmisikan melewati tembok, saku ataupun tas. Teknologi Bluetooth ini digerakkan oleh suatu badan yang bernama Bluetooth Special Interest Group (SIG), yang mana mempublikasikan spesifikasi Bluetooth versi 1.0 pada tahun 1999.

Bluetooth menggunakan frekuensi yang sama dengan salah satu frekuensi yang dipakai zigbee, yaitu 2,4 Ghz. Dalam satu jaringan bluetooth hanya ada 8 node yang dapat terhubung 1 master dan 7 slave. Waktu latency yang dimiliki oleh bluetooth adalah 10detik dan bluetooth menggunakan gelombang radio.

Ultra Width Band (UWB)

UWB adalah sistem komunikasi ultrawideband merupakan sistem komunikasi yang dapat mengirim data dengan data rate 480 Mbps untuk jarak 2meter dan 110Mbps untuk jarak 10meter. 

Sistem komunikasi pada UWB adalah sistem komunikasi jarak pendek yang mempunyai bandwidth yang sangat lebar.

Zigbee

Zigbee berada dalam WPAN bersama Bluetooth dan Ultra Wide Band (UWB). Zigbee masuk dalam standart keluarga 802.15 bersama Bluetooth (802.15.1), dan UWB (802.15.3), sedangkan standar untuk zigbee sendiri 802.15.4.

Dibandingkan dengan bluetooth dan UWB, zigbee hanya memiliki kecepatan komunikasi maksimal 250kbps saja. Jarak maksimal komunikasinya pun pendek yaitu 10m-70m saja, kecuali diberi penguatan daya, maka jarak komunikasinya bisa mencapai 300m-1km (tergantung daya yang digunakan).

Zigbee memiliki kelebihan pada pengoperasiannya yang sangat mudah, bentuknya kecil, murah, dan membutuhkan daya yang sangat rendah (low power consumption) dibandingkan dengan bluetooth dan UWB.

Zigbee memang tidak bisa digunakan untuk komunikas-komuinkasi yang membutuhkan kecepatan tinggi seperti untuk transmisi multimedia suara, video, atau data yang besar lainnya.

Contoh Penerapan Teknologi WPAN

Pada suatu gedung bertingkat, misalnya gedung perkantoran, hotel-hotel atau apartemen, diperlukan suatu sistem pengendalian suhu.

Hal ini dikarenakan banyaknya ruangan sehingga sangat sulit untuk memantau pemakaian Air Conditioning (AC) setiap ruangan.

Sistem pengendalian ini digunakan untuk memantau besarnya suhu setiap ruangan sehingga dapat mengendalikan pemakaian AC.

Teknologi Wireless Sensor Network memanfaatkan jaringan nirkabel Zigbee sebagai komunikasi datanya, dimana setiap ruangan dipasang sebuah sensor suhu (sensor node).

Sensor node yang dipasang di setiap ruangan tersebut saling berhubungan satu sama lain membetuk jaringan bintang, pohon (tree) atau mesh.

Hasil pemantauan suhu dari setiap sensor node kemudian dikumpulkan dalam sebuah Base Stasion Controller (BSC) yang menjadi pusat pengendali dan pengolahan datanya, sehingga terbentuklah suatu sistem pengendalian suhu setiap ruangan pada gedung bertingkat tersebut.