Tips Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Website atau Blog

Tips Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Website atau Blog

Tips memilih hosting yang tepat dan sesuai untuk kebutuhan website atau blog anda.

Halo sobat masjuni, kali ini kita akan membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih web hosting yang tepat untuk kebutuhan website atau blog anda.

Sebelum membangun sebuah website atau blog tentunya kita harus menyiapkan beberapa hal seperti domain, hosting dan lain sebagainya.

Ada banyak penyedia layanan hosting yang dapat anda temukan diluar sana, namun anda harus cermat dalam memilih penyedia layanan hosting agar mendapatkan kualitas yang memuaskan.

Penyedia layanan hosting biasanya menawarkan fitur yang berbeda-beda, oleh karenanya anda harus memperhatikan apa saja yang ditawarkan oleh penyedia hosting tersebut sehingga cocok untuk kebutuhan website atau blog anda.

Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memilih layanan hosting:

1. Reputasi Penyedia Hosting

Hal pertama yang harus anda perhatikan ialah reputasi dari penyedia layanan hosting yang akan anda pilih.

Hal ini sangat penting karena anda akan menggunakan layanan hosting dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga anda harus benar-benar menyewa hosting di tempat yang tepat.

Usahakan untuk mencari tau terlebih dahulu reputasi penyedia layanan hosting yang akan anda gunakan sebelum anda memutuskan untuk menyewa layanan hosting mereka agar anda tidak kecewa di kemudian hari.

Pastikan anda memilih penyedia layanan hosting yang sudah terbukti memiliki kualitas layanan dan dukungan yang baik seperti Hostinger. 

Hostinger ialah salah satu penyedia layanan hosting yang terbukti memiliki kualitas layanan yang baik.

Hostinger telah menjadi penyedia layanan hosting yang cukup lama kurang lebih mulai dari tahun 2004 dan terus meningkatkan kualitas layanan mereka.

2. Jenis Hosting

Setelah anda menentukan dimana anda akan menyewa hosting, maka selanjutnya yang perlu anda perhatikan ialah jenis hosting yang anda butuhkan untuk website atau blog anda.

Ada beberapa jenis web hosting yang umum kita ketahui yakni shared hosting, cloud hosting dan dedicated server hosting.
  • Shared Hosting merupakan jenis hosting yang menggunakan satu buah server dan dipakai bersama-sama dengan penyewa lainnya. Biasanya akan digunakan oleh puluhan hingga ribuan situs secara bersama-sama.
  • Cloud Hosting merupakan jenis hosting dimana ada banyak server yang bekerja bersama-sama untuk menangani banyak situs secara bersamaan.
  • Dedicated Server merupakah jenis hosting yang mana anda menyewa satu buah server secara khusus hanya untuk situs anda saja sehingga anda dapat menggunakan seluruh sumber daya dari server tersebut.
Penyedia layanan hosting seperti Hostinger juga menawarkan jenis-jenis hosting tersebut jika anda membutuhkannya.

3. Harga

Jika anda sudah menentukan jenis hosting yang akan anda sewa, maka anda perlu memperhatikan harga yang di banderol untuk jenis hosting yang ditawarkan.

Penyedia layanan hosting biasanya memiliki berbagai jenis paket hosting yang ditawarkan dengan harga dan fitur yang berbeda-beda.

Seperti pada Hostinger, mereka menawarkan berbagai jenis paket hosting yang dapat anda pilih seperti gambar dibawah ini.

Paket Web Hosting Hostinger

Harga yang ditawarkan oleh Hostinger relative murah ditambah dengan diskon yang diberikan cukup besar sehingga dapat menghemat kantong anda.

Silahkan anda memilih jenis paket hosting yang ditawarkan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan website atau blog anda.

4. Bandwith

Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan ialah bandwith atau batas transfer data yang di berikan untuk paket yang anda pilih pada penyedia hosting tersebut.

Anda harus dapat menentukan perkiraan kebutuhan bandwith untuk situs web atau blog anda dengan tepat agar situs anda tidak mati jika kehabisan bandwith.

Hal ini sangat penting karena jika anda kehabisan bandwith dalam satu bulan, maka situs anda tidak akan dapat diakses lagi kecuali jika anda memesan tambahan bandwith atau menunggu bulan berikutnya.

Seperti pada pilihan paket hosting Hostinger, anda akan mendapatkan jumlah transfer data yang tidak terbatas (unlimited) jika anda memilih jenis paket hosting premium atau bisnis.

Pilihan paket dengan tawaran bandwith unlimited cocok untuk anda jika memiliki situs web atau blog dengan jumlah pengunjung yang banyak.

5. Kapasitas Penyimpanan

Selanjutnya anda juga perlu memperhatikan jumlah kapasitas penyimpanan yang disediakan untuk jenis paket hosting yang anda pilih.

Jika anda berencana membuat situs web atau blog yang banyak menyimpan file ataupun gambar, maka anda perlu mempertimbangkan untuk memilih jenis paket hosting yang menawarkan kapasitas yang cukup besar atau bahkan kapasitas yang tidak terbatas (unlimited).

Pada pilihan paket hosting Hostinger, anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas (unlimited) jika anda memesan paket hosting premium atau bisnis.

6. Dukungan

Hal terakhir yang perlu anda perhatikan ialah dukungan yang ditawarkan oleh penyedia hosting.

Pastikan penyedia layanan hosting yang akan anda gunakan tersebut menyediakan dukungan yang responsif dan selalu tersedia setiap saat.

Hal ini sangat penting untuk anda perhatikan karena jika anda mengalami masalah dalam mengelola hosting yang anda sewa, anda dapat meminta bantuan kepada penyedia hosting tersebut setiap saat.

Seperti Hostinger, mereka menyediakan dukungan selama 24 jam penuh sehingga anda tidak perlu khawatir jika mengalami kendala dalam mengelola hosting anda.


Jika anda berencana untuk menyewa sebuah layanan hosting, saya merekomendasikan Hostinger karena mereka sudah terbukti memiliki reputasi yang baik.

Hostinger juga menawarkan berbagai pilihan jenis paket hosting yang relative murah dengan kualitas layanan yang sangat memuaskan.

Satu hal lagi yang menjadi nilai tambah di Hostinger ialah mereka menawarkan percobaan gratis selama 30 hari untuk hosting yang ditawarkan.

Paket Web Hosting Hostinger

Jika anda merasa tidak puas dengan kualitas dan layanan hosting yang ditawarkan, maka anda dapat membatalkan dan dana anda akan dikembalikan secara penuh.

Hostinger menawarkan berbagai kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggannya sehingga tidak diragukan lagi kualitas layanan yang diberikan.

Kesimpulan

Dalam memilih hosting, anda harus benar-benar cermat agar hosting yang anda sewa sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

Jangan mudah tergiur jika anda menemukan penyedia layanan hosting yang menawarkan harga yang terlalu murah dengan fitur yang wow karena itu patut dicurigai.

Itulah beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam memilih hosting yang tepat sesuai dengan kebutuhan situs web atau blog anda.

Semoga bermanfaat. :)