Perbedaan White Hat, Grey Hat dan Black Hat Hacker

jenis-jenis hacker black hat white hat grey hat

Peretas adalah individu atau kelompok yang berupaya mengeksploitasi kerentanan suatu sistem untuk keuntungan pribadi atau finansial.

Peretas tertarik pada segalanya, dari kartu kredit hingga desain produk dan apa pun yang bernilai.

Tipe-Tipe Peretas/Hacker

1. Peretas Amatir 

Peretas amatir atau sering juga disebut dengan julukan Script Kiddies.

Mereka biasanya penyerang dengan sedikit atau tanpa keahlian, sering menggunakan alat atau instruksi yang ada yang ditemukan di Internet untuk meluncurkan serangan.

Beberapa dari mereka hanya ingin tahu, sementara yang lain berusaha menunjukkan keterampilan mereka dan menyebabkan kerusakan.

Mereka mungkin menggunakan alat dasar, tetapi hasilnya masih bisa menghancurkan.

2. Peretas Ahli

Kelompok penyerang merupakan mereka yang sudah memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang teknologi maupun pembuatan program dan jaringan komputer.

Kelompok ini membobol komputer atau jaringan untuk mendapatkan akses kedalamnya.

Peretas ini diklasifikasikan dalam 3 jenis yakni peretas topi putih (white-hat hacker), abu-abu (grey-hat hacker), atau hitam (black-hat hacker).

White-Hat Hacker

White-Hat hacker adalah mereka yang masuk ke jaringan atau sistem komputer untuk menemukan kelemahan sehingga keamanan sistem ini dapat ditingkatkan.

Peretas dalam kelompok ini biasanya melakukan aksi penyerangan atau biasa disebut penetration test dengan izin sebelumnya dan hasilnya dilaporkan kembali kepada pemilik.

Grey-Hat Hacker

Kelompok Grey-Hat ialah mereka yang masuk kedalam suatu sistem tanpa seizin dari pemilik sistem namun bukan dengan tujuan untuk merusak sistem tersebut.

Biasanya kelompok ini masuk untuk melakukan eksplorasi dan menemukan kerentanan suatu sistem.

Kelompok ini juga terkadang mempublikasikan fakta tentang kerentanan suatu sistem di internet sehingga penyerang lain dapat memanfaatkannya.

Black-Hat Hacker

KelompokBlack-Hat merupakan mereka yang masuk kedalam suatu sistem dengan tujuan untuk merusak atau mengambil keuntungan dari kerentanan apa pun untuk keuntungan pribadi, finansial, atau politik ilegal.

3. Peretas Terorganisir

Peretas ini termasuk organisasi penjahat cyber, peretas, teroris, dan peretas yang disponsori negara.

Penjahat dunia maya biasanya adalah kelompok penjahat profesional yang fokus pada kontrol, kekuasaan, dan kekayaan.

Para penjahat sangat canggih dan terorganisir, dan mereka bahkan dapat memberikan kejahatan dunia maya sebagai layanan kepada penjahat lainnya.

Para peretas membuat pernyataan politik untuk menciptakan kesadaran akan masalah yang penting bagi mereka.

Penyerang yang disponsori negara mengumpulkan intelijen atau melakukan sabotase atas nama pemerintah mereka.

Penyerang ini biasanya sangat terlatih dan didanai dengan baik, dan serangan mereka difokuskan pada tujuan spesifik yang bermanfaat bagi pemerintah mereka.