5 Plugin Toko Online (e-Commerce) Wordpress Terbaik

5 Plugin Toko Online (e-Commerce) Wordpress Terbaik

5 Plugin e-Commerce WordPress terbaik (Compare)

Apakah anda berencana membangun sebuah toko online/e-commerce?.

Ingin tahu plugin e-Commerce WordPress yang terbaik?.

Memilih plugin e-Commerce yang tepat sangat penting bagi bisnis anda karena memilih platform yang tepat akan berdampak pada situs yang anda bangun.

Pada artikel ini, kita akan membandingkan 5 plugin eCommerce WordPress terbaik.

Apa yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Plugin eCommerce WordPress?

Ada banyak plugin WordPress e-Commerce yang dapat digunakan diluar sana. Tapi tidak semuanya memiliki seperangkat fitur penting yang anda perlukan untuk memulai membangun situs e-Commerce Anda.

Beberapa plugin e-Commerce ada yang bagus untuk menjual barang digital seperti eBook, foto, musik, dll.

Sementara yang lain lebih cocok untuk menjual barang fisik yang memerlukan pengelolaan pengiriman dan inventori.

Anda perlu memilih plugin tergantung pada kebutuhan anda yakni apa yang akan anda jual dan jenis fitur yang anda perlukan agar lebih efisien menjalankan toko online anda.

Pertimbangkan gateway pembayaran mana yang akan anda gunakan untuk menerima pembayaran.

Pastikan plugin yang anda pilih mendukung gateway pembayaran secara default atau melalui addons.

Tidak mungkin plugin e-Commerce memiliki semua fitur. Kebanyakan dari mereka memecahkan masalah ini dengan addon plugins.

Dengan menggunakan addons maka fungsionalitas plugin eCommerce anda dapat diperluas.

Pastikan ada cukup addon plugin untuk menghubungkan situs web e-Commerce WordPress anda dengan layanan lainnya.

Lihat opsi dukungan apa yang tersedia untuk plugin. Pastikan plugin tersebut memiliki sistem pendukung dimana anda bisa mendapatkan bantuan atau biasa disebut customer support.

Well, mari kita lihat beberapa plugin WordPress e-Commerce yang cukup populer dan paling banyak digunakan.

WooCommerce WordPress Plugin

woocommerce wordpress plugin

 Ada banyak sekali addons dan tema yang tersedia pada WooCommerce. WooCommerce juga memiliki banyak komunitas pengguna dan pengembang yang aktif yang dapat anda tanya tanya jika memiliki kendala menggunakan plugin ini.

Kelebihan WooCommerce WordPress Plugin

Ekstensi dan TemaAda ratusan ekstensi dan tema yang tersedia untuk WooCommerce, yang memudahkan Anda menambahkan fitur baru ke situs eCommerce Anda. Koleksi tema yang besar berarti Anda memiliki banyak pilihan saat memilih desain dan tata letak situs Anda.

Mendukung Barang Digital dan Fisik - Dengan WooCommerce Anda dapat menjual download fisik maupun digital (seperti ebooks, music, software, dll.). Dengan integrasi WooCommerce Envira Gallery, Anda dapat dengan mudah menjual foto dari situs Anda juga.

Menjual Produk Afiliasi atau Eksternal - Menggunakan WooCommerce, Anda dapat menambahkan produk afiliasi atau eksternal ke situs Anda.

Pemasar afiliasi dapat membuat situs produk dan memberi pengguna pengalaman yang lebih baik.

Manajemen Inventaris Lengkap - WooCommerce dilengkapi dengan alat untuk mengelola inventaris Anda dengan mudah atau bahkan menugaskannya ke pengelola toko.

Opsi Pembayaran dan Pengiriman - WooCommerce telah mendapat dukungan untuk gateway pembayaran populer dan Anda dapat menambahkan banyak opsi pembayaran lainnya menggunakan ekstensi.

Dukungan dan Dokumentasi - Ada dokumentasi bagus yang tersedia secara online untuk WooCommerce.

Selain dokumentasi, ada basis pengetahuan, help desk, dan forum komunitas yang tersedia.

Kelemahan WooCommerce WordPress Plugin

Terlalu Banyak Pilihan - WooCommerce sangat mudah digunakan, namun jumlah opsi yang tersedia di halaman pengaturan bisa sangat mengintimidasi dan membuat bingung pengguna baru.

Masalah addons - Ada banyak addons yang tersedia untuk WooCommerce, terkadang pengguna mungkin tidak menemukan addon yang tepat untuk fitur yang mereka butuhkan.

Dukungan Tema - WooCommerce bekerja dengan tema WordPress mana pun, namun tidak semudah menata atau mencari yang bagus dengan semua tema.

Anda memerlukan WooCommerce siap tema untuk mengambil keuntungan penuh dari fitur-fiturnya tanpa terlalu banyak kerumitan.

WooCommerce adalah pilihan tepat untuk segala jenis situs web eCommerce.

Plugin ini memiliki komunitas pengembang dan pengguna yang besar dan aktif (penting banget ini), banyak addons dan tema, dukungan yang sangat baik untuk situs multibahasa, dan memiliki pilihan dukungan gratis dan berbayar terbaik.

Easy Digital Downloads WordPress Plugin

easy download dgital plugin ecommerce wordpress

Easy Digital Downloads memungkinkan anda untuk memudahkan menjual barang digital secara online menggunakan WordPress.

Plugin ini sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk menciptakan toko barang digital yang indah dan fungsional.

Kelebihan Easy Digital Downloads WordPress Plugin

Dirancang Untuk Menjual Barang Digital - Mudah Digital Download dibangun dari bawah ke atas untuk menjual download digital.

Tidak seperti plugin eCommerce yang bisa digunakan untuk menjual semua jenis produk, EDD memberikan pengalaman yang jauh lebih baik untuk menjual barang digital.

Mudah Digunakan - Download digital yang mudah sangat mudah digunakan, sejak awal Anda akan segera mengetahui cara menambahkan produk dan menampilkannya.

Ini sangat berguna untuk penghitung waktu pertama.

EkstensiAda ratusan ekstensi yang tersedia untuk Easy Digital Downloads.

Addons untuk banyak gateway pembayaran, platform dan layanan, dan untuk menambahkan fitur tambahan.

Tema - Easy Digital Downloads bekerja dengan hampir semua tema WordPress, namun jika anda belum memilih tema, maka Easy Digital Downloads memiliki tema yang dibuat khusus untuk plugin.

Dukungan yang Luar Biasa - Plugin sangat terdokumentasi dengan baik, dan Anda memiliki forum dukungan gratis, video, tutorial, dan bahkan ruang obrolan IRC.

Ada juga pilihan dukungan prioritas bagi pengguna premium.

Kelemahan Easy Digital Downloads WordPress Plugin

Digital Downloads Only - Seperti namanya, Easy Digital Downloads memudahkan pembuatan situs eCommerce untuk menjual barang digital.

Tetapi jika anda ingin menjual barang non-digital bersamaan dengan barang digital maka akan menjadi sangat rumit.

Menjual Produk Eksternal - Jika anda ingin menambahkan produk eksternal atau produk afiliasi ke toko EDD anda, maka anda perlu memasang add-on pihak ketiga untuk itu.

Apabila anda berniat membangun toko online/e-commerce untuk menjual produk digital secara online, maka Easy Digital Downloads adalah plugin terbaik untuk melakukan itu.

iThemes Exchange WordPress Plugin

exchange plugin ecommerce wordpress

Plugin iThemes yang satu ini dibuat oleh orang-orang di balik plugin BackupBuddy yang sangat populer, Exchange adalah pesaing kuat di platform eCommerce WordPress.

Kelebihan iThemes Exchange WordPress Plugin

Beberapa Jenis Produk - Pertukaran iThemes mendukung download digital dan barang fisik. Ini juga memiliki addon berbayar untuk menjual keanggotaan dan langganan di situs anda.

Penyiapan Mudah dan Cepat  - Setelah aktivasi, anda akan langsung menuju wizard pengaturan tempat anda dapat dengan cepat menngatur situs anda dengan memilih apa yang akan anda jual dan bagaimana anda akan menerima pembayaran.

UI Intuitif  - iThemes Exchange menawarkan antarmuka pengguna yang sangat bagus untuk menambahkan produk dan mengelola toko eCommerce.
Kelemahan iThemes Exchange WordPress Plugin

Smaller Community - iThemes Exchange memiliki umur yang lebih muda dari banyak plugin eCommerce populer lainnya.

Meskipun ada banyak dokumentasi, dukungan, dan addons yang tersedia. Anda mungkin merasa bahwa komunitas mereka masih terus berkembang.

iThemes Exchange adalah pesaing kuat di pasar plugin dengan banyak potensi. Plugin ini bagus untuk pengguna yang tahu apa yang akan mereka jual, dan bagaimana mereka akan dibayar.

Pengaturan yang mudah dan cepat menjadikannya pilihan yang baik bagi pengguna baru yang tidak ingin diganggu oleh terlalu banyak pilihan.

Shopp WordPress Plugin

shopp plugin ecommerce wordpress

Plugin Keempat dalam daftar plugin WordPress eCommerce terbaik adalah plugin Shopp. Mari kita lihat beberapa kelebihan dan kekurangan plugin Shopp ini.

Kelebihan Shopp WordPress Plugin

Tabel Terpisah di Database - Pengembang plugin Shopp percaya bahwa dengan menggunakan tabel terpisah dalam database, mereka meningkatkan kinerja database, yang berakibat pada kueri yang lebih cepat dan pemuatan halaman yang lebih cepat bagi pengguna.

Beberapa Jenis ProdukPlugin Shopp mendukung jenis produk fisik, digital, dan virtual.

Tidak seperti plugin lain dalam daftar ini, jenis produk langganan di plugin Shopp memungkinkan anda menjual produk dengan pembayaran berulang tanpa membeli ekstensi.

Keamanan - Plugin Shopp dirancang agar sesuai dengan PCI. Plugin ini memberikan perhatian khusus pada keamanan dan keamanan yang membantu anda membuat toko online/eCommerce yang sesuai dengan PCI-DSS.

Kelemahan Shopp WordPress Plugin

Dukungan Gratis Terbatas - Kerugian yang paling penting dari penggunaan Plugin Shopp adalah bahwa mereka tidak memiliki forum dukungan gratis.

Anda harus membayar untuk dukungan dan akses ke forum komunitas.

Membuat Tabel Terpisah - Meskipun kita telah mencantumkan fitur ini sebagai keuntungan, itu juga bisa menjadi kerugian.

Saya rasa penggunaan tabel database yang terpisah secara signifikan mempengaruhi kecepatan sebuah situs web.

Tema Terbatas - Jika Anda mencari tema yang dirancang khusus untuk Shopp maka hanya ada sedikit pilihan yang tersedia.

Shopp adalah plugin yang hebat untuk menjual apapun yang anda inginkan.

Tetapi jika anda adalah pengguna baru, anda mungkin perlu membeli beberapa dukungan premium mereka.

Anda mungkin juga ingin menggunakan Shopp jika anda merasa plugin lain tidak membantu anda mendapatkan sertifikasi untuk kepatuhan PCI-DSS.

Shopify WordPress Plugin

shopify plugin ecommerce wordpress

Shopify adalah platform eCommerce yang berkembang pesat yang menangani segala hal untuk anda.

Meski layanannya standalone, itu memang datang dengan integrasi WordPress. Mari kita lihat Kelebihan dan Kekurangan Shopify.

Kelebihan Shopify WordPress Plugin

Super Mudah untuk Pemula - Tidak perlu khawatir tentang aspek teknis dari toko e-commerce seperti menyiapkan SSL, mengintegrasikan dengan gateway pembayaran yang berbeda, menangani pengiriman, mengkhawatirkan pajak, dll. Shopify menangani semuanya.

Mendukung Barang Digital dan FisikEntah anda menjual barang fisik seperti kaos atau barnag digital seperti musik, Shopify bisa menangani semuanya.

Manajemen Inventaris Lengkap - Shopify hadir dengan editor inventaris dan importir massal dikombinasikan dengan pelacak pesanan yang membuat pengelolaan persediaan menjadi sangat mudah.

Pilihan Pembayaran dan Pengiriman - Shopify memudahkan anda menerima kartu kredit baik secara online maupun pribadi.

Sistem pengiriman mereka menyederhanakan proses pemenuhan Anda dengan integrasi langsung dengan penyedia populer seperti USPS.

Facebook Store, Buyable Pins, dan Twitter Buy Buttons - Shopify terintegrasi dengan semuanya. Entah anda ingin membuat toko Facebook, tambahkan tombol beli di Twitter, atau buat Pin yang dapat dibeli di Pinterest, anda bisa melakukannya dengan Shopify.

Kelemahan Shopify WordPress Plugin

Biaya Platform Bulanan - Memesan biaya bulanan untuk menggunakan platform mereka yang sebanding dengan pembelian hosting dan addons individu menggunakan plugin lain dalam daftar ini.

Shopify Payments - Shopify mendorong anda untuk menggunakan platform pembayaran mereka yang didukung oleh Stripe.

Jika Anda ingin memiliki platform yang hebat tanpa harus berurusan dengan masalah teknis, maka Shopify adalah solusi yang tepat untuk untuk membangun situs toko online anda.

Kesimpulan

Jika anda ingin kontrol, fleksibilitas, dan fitur maksimal, maka WooCommerce adalah pilihan yang paling tepat dan merupakan solusi terbaik untuk Anda.

Jika anda hanya menjual barang digital, maka anda sebaiknya menggunakan Easy Digital Downloads.

Jika anda ingin setup cepat dan kemudahan penggunaan, maka Shopify adalah solusi eCommerce terbaik untuk anda.

Itulah 5 plugin e-commerce WordPress yang paling pupoler dan banyak digunakan.

Pastikan anda memilih platform yang tepat dan sesuai untuk membangun situs toko online anda agar mendapatkan hasil yang maksimal.